Mengapa Memilih Blogger?

Sebelumnya telah dijelaskan tentang 20 platform bloging yang dapat kita gunakan secara gratis, namun kita tahu hanya ada 2 platform blog yang terbukti kualitasnya dan sudah sangat populer bagi kalangan blogger. Yaitu blogspot/blogger dan wordpress. Kedua ini menjadi rujukan utama bagi para bloger dalam memilih platform blog terbaik, selain karena popuralitasnya, keduanya juga mempunyai kekuatan yang hebat untuk bertarung di SERP. 
Mengapa Memilih Blogger?
 Disamping kedua platform tersebut, kita tahu ada platform lain yang juga banyak diminati di kalangan blogger seperti MultiPly, Posterous, MyWapblog, dan Tumblr. Kita juga tidak bisa melupakan hosting gratis yang sudah terkenal namanya dari Indonesia yaitu blogdetik.com dan akhir-akhir ini juga sudah muncul platfirm baru buatan anak negeri yang tidak kalah hebatnya untuk bertarung di SERP yaitu HTMLy yang dibuat oleh developer Indonesia Danang Probo Sayekti. 

Sayangnya untuk platform yg terakhir ini, kita harus menggunakan hosting sendiri, tidak seperti platform lain yang menyediakan hosting gratis sekaligus. Maka, jika kita masih baru di dunia blog/website, kita akan sedikit mengalami kesulitan untuk menggunakannya.

Kemudian dari sekian banyak penyedia platform blog gratis tersebut, mengapa saya memilih blogger?

Tentu saja jawaban yang paling mudah adalah karena blogger adalah anak kandung dari Google. Walaupun untuk bawaan templatenya, blogger kurang SEO Friendly sehingga harus dirubah dahulu agar menjadi SEO Friendly dan mampu bertarung di SERP. Tapi hal itu tidak menjadi masalah, karena dengan blogger ini kita bisa mendaptkan kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki platform lain. Diantara kelrbihan blogger di banding yang lainnya adalah:
  1. Gratis, blogspot dari Blogger adalah 100% gratis. Anda di-sini akan mendapatkan Domain, Hosting dan fitur blogspot secara Cuma-Cuma. Domain name yang didapat adalah nama sendiri yang berakhiran blogspot.com (contoh: http://freekoe.blogspot.com ) dan anda tidak usah pusing memikirkan lagi biaya untuk Hosting dan bandwith.
  2. Produknya Google, siapa yang tidak tau Google. Karena pemilik blogspot adalah Google tentu layanan-layanan dari google akan memprioritaskan blog dari blogspot dibanding dengan blog lain.
  3. Kompatibilitas Blogspot terhadap dukungan Script, Blogger mendukung Script Web javascript dan Java Applet, sehingga anda bisa bereksperimen serta berkreasi maksimal untuk membuat fitur-fitur / plugin / widget dengan bebas. Coba bandingkan dengan wordpress yang hanya mengandalkan plugin bawaannya sendiri.
  4. Template/theme bisa domodifikasi. Blogspot menyediakan banyak theme bawaan yang bisa dimanfaatkan, tapi tidak hanya itu, anda juga bisa memodifikasinya baik dari sisi background, Font, warna, lebar blog, dll
  5. Konektifitas/jalur Blogspot cepat. Kalau dilihat dari sisi traceroute yaitu Pengecekan Jalur-jalur Router yang dilewati dari source address/alamat asal sampai destination address/alamat tujuan) jelas Blogspot tidak melewati jalur internasional tidak seperti halnya Wordpress yang memakai jalur internasional karena semenjak blogspot dibeli oleh Google, server Blogspot berada pada jalur IIX / Lokal Indonesia
  6. Tingkat keamanan Blogspot lebih terjamin. Berdasarkan situs keamanan Packetstormsecurity.org, didapati bahwa Blogspot hanya mempunyai 1 kelemahan, sedangkan Wordpress terdapat 876 kelemahan dalam berup SQL Injection (pencurian data dengan me manipulasi perintah mysql) atau-pun XSS Scripting. Anda bisa baca disini dan di sini 
  7. Blogspot bisa digunakan untuk tujuan bisnis. Salah satunya Blogspot bisa di monetize (di-uangkan) dalam arti dijadikan mesin penghasil uang. Anda bisa menggunakan Google Adsense yang sudah disediakan di dalam blogspot.
Itulah diantaranya mengapa blogspot lebih dipilih oleh kebanyakan orang. Mungkin bila ada yang mempunyai pendapat lain silakan disampaikan.

1 comments:

ya, begitulah :D

Reply

Post a Comment