15 Aplikasi Android yang Wajib Dimiliki Blogger

Ngeblog adalah cara mengekspresikan diri dan berbagi tentang suatu hal yang kita ketahui di Internet. Android sebagai salah satu operating system yang ada yang sangat cepat perkembangannya di berbagai perangkat smartphone dan tablet, hal ini karena layanan aplikasi yang kita butuhkan telah tersedia di google play sehingga kita cukup dengan mudah untuk mendapatkannya. Dengan demikian blogger mendapatkan kesempatan untuk mempermudah pekerjaan mereka ketika jauh dari PC, namun tetap bisa menjalankan aktifitas blogging.

Berikut ini ada 15 aplikasi yang wajib kita miliki di perangkat android kita agar kita dapat tetap menjalankan aktifitas blogging walaupun tanpa PC. Semuanya gratis dan dapat download di google play.

1. WordPress
WordPress tidak diragukan lagi platform blogging paling populer di Internet. Aplikasi ini, dibuat kompatibel dengan blog WordPress self-hosted serta blog-host di WordPress.com, memungkinkan Anda untuk melakukan banyak tugas penting seperti membuat, mengedit dan posting blog, moderasi komentar, memeriksa data analisis serta penerbitan foto atau video yang diambil dengan kamera pada ponsel Anda.


2. Blogger

Blogger adalah platform lain yang populer yang menggunakan banyak blogger pribadi. Jika Anda memiliki blog di Blogger, maka Anda pasti harus memberikan aplikasi ini mencoba. Namun, fungsi dari aplikasi ini masih sangat terbatas dibandingkan dengan aplikasi WordPress, yang mengejutkan karena Google sendiri di balik aplikasi resmi ini layanan blogging mereka.


3. Tumblr
Banyak blogger lebih memilih untuk menjaga blog Tumblr, juga dikenal sebagai microblog, daripada blog penuh sesak nafas. Hal ini karena memposting blurbs pendek konten menarik seperti tanda kutip, video dan foto kurang berat. Aplikasi ini, dibuat untuk Tumblr blogger, memiliki fitur yang berguna untuk mem-posting konten, penjadwalan posting, melihat dan membalas pesan, dan Anda bahkan dapat mengelola beberapa blog Tumblr dengan app. Hal ini juga akan menunjukkan Tumblr blog Kontak dalam buku alamat Anda, sehingga Anda dapat mulai mengikuti mereka.


4. Writer

Blogging dan mendapatkan hal-hal dilakukan dengan menggunakan smartphone Anda tidak mudah, terutama ketika ada begitu banyak gangguan pada layar itu sendiri. Apps dan pemberitahuan yang masuk adalah pembunuh produktivitas yang paling umum. Writer adalah pengolah kata dilucuti-down yang bertujuan untuk memecahkan masalah ini dengan menyediakan lingkungan menulis bebas gangguan di dalam smartphone atau tablet sehingga Anda dapat fokus hanya pada membuat konten teks dengan ketenangan pikiran.





5. Google Drive
Google Drive memungkinkan blogger untuk menyimpan semua jenis dokumen termasuk dokumen Word, spreadsheet Excel, gambar, audio, video dan banyak orang lain di Cloud. Selain hanya menyimpan mereka, aplikasi akan melakukan sinkronisasi dokumen-dokumen ini di beberapa perangkat yang terkait dengan akun Google Anda. Setelah disinkronkan, blogger dapat mengakses file mereka di mana pun mereka berada. Jika Anda memiliki posting blog yang setengah dilakukan pada laptop Anda, Anda dapat terus bekerja di atasnya menggunakan telepon saat Komuter untuk bekerja.


6. Dictionary.Com

Tidak yakin tentang makna yang tepat dari kata yang Anda akan dimasukkan ke dalam posting blog Anda? Ingin mencari alternatif kata untuk digunakan dalam posting Anda? Ingin tahu arti dari sebuah kata atau frase yang digunakan dalam komentar diposting oleh pembaca Anda? Nah, Dictionary.com adalah solusi untuk semua masalah di atas. Aplikasi ini sangat berguna bagi blogger yang tidak berbahasa Inggris native dan versi bebas iklan hanya biaya $ 2,99.



7. SwiftKey Keyboard
This is a dream-come-true app for those who are tired of typos and the small keyboard buttons on your tablets or smartphones. SwiftKey Keyboard does not only auto-correct your typos, it also offers word predictions based on your past typing activities. You can even personalize the word predictions by asking the keyboard to learn your choice of words on Facebook, Twitter, Gmail and blog posts.

Ini adalah mimpi-datang-benar aplikasi untuk mereka yang lelah dari kesalahan ketik dan tombol-tombol keyboard kecil di tablet atau smartphone. SwiftKey Keyboard tidak auto-benar kesalahan ketik Anda tidak hanya, juga menawarkan prediksi kata berdasarkan kegiatan mengetik masa lalu Anda. Anda bahkan dapat mengubah prediksi kata dengan meminta keyboard untuk mempelajari pilihan kata-kata di Facebook, Twitter, Gmail dan posting blog.
8. Photo Editor
With a smartphone, we can snap photos on-the-go and attach them to our blog posts either immediately or in the near future. From time to time, we might need to do some minor touch-ups on the photos that we’ve taken and this is where Photo Editor comes in. With this app, you can crop, edit, and resize your photos as well as add effects, texts and drawings onto them.

Dengan smartphone, kita dapat mengambil foto on-the-go dan melampirkannya ke posting blog kita baik segera atau dalam waktu dekat. Dari waktu ke waktu, kita mungkin perlu melakukan beberapa minor touch-up pada foto yang kita telah diambil dan ini adalah tempat Photo Editor masuk Dengan aplikasi ini, Anda dapat memotong, mengedit, dan mengubah ukuran foto Anda serta add efek, teks dan gambar ke mereka.


9. Disqus
Many bloggers are integrating the Disqus commenting system onto their blogs because of the community features that bring blog commenters back and keep them engaged. With the Disqus Android app, you can moderate your comments, publish responses to comments that you receive and keep the engagement levels high despite being away from your computer.

Banyak blogger yang mengintegrasikan sistem komentar Disqus ke blog mereka karena fitur komunitas yang membawa commenters blog kembali dan menjaga mereka terlibat. Dengan aplikasi Disqus Android, Anda bisa memoderasi komentar Anda, mempublikasikan tanggapan terhadap komentar yang Anda terima dan menjaga tingkat keterlibatan tinggi meskipun berada jauh dari komputer Anda.


10. Flipboard

Flipboard only launched its Android app recently. The app allows users to browse through their Facebook, Twitter and Google+ streams, as well as Google Reader feeds in a beautiful flipping manner. It also consolidates and curates a stream of important stories for those who are too busy to go through everything. As a blogger, using this app and browsing through interesting news content daily will give you fresh ideas on what to write about in your next blog post.

Flipboard hanya meluncurkan app Android baru-baru ini. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menelusuri mereka Facebook, Twitter dan Google+ stream, serta Google Reader feed secara flipping indah. Hal ini juga mengkonsolidasikan dan kurator aliran cerita penting bagi mereka yang terlalu sibuk untuk pergi melalui segala sesuatu. Sebagai seorang blogger, dengan menggunakan aplikasi ini dan browsing melalui konten berita yang menarik setiap hari akan memberikan ide-ide segar tentang apa yang harus menulis tentang di posting blog berikutnya.





11. BeyondPod Podcast Manager

Bloggers who don’t have time or don’t like to read may prefer to listen to audio content or watch videos. BeyondPod allows you to subscribe, download, listen to audio podcasts and watch video podcasts on-the-go. This app is extremely useful for bloggers who are driving a lot because for them, there is very little reading time.

Blogger yang tidak punya waktu atau tidak suka membaca dapat memilih untuk mendengarkan konten audio atau menonton video. BeyondPod memungkinkan Anda untuk berlangganan, download, mendengarkan podcast audio dan menonton video podcast on-the-go. Aplikasi ini sangat berguna bagi para blogger yang mengemudi banyak karena bagi mereka, ada sedikit waktu untuk membaca.


12. Pocket
As bloggers, we tend to browse the Internet a lot on smartphones, and will come across insightful articles and blog posts that we would love to read but cannot due to limited time. Pocket solves this problem by letting us save links that we wish to read later. The app will download a minimalist version of an article, blog post, video or just about everything so that we can come back to them later.

Sebagai blogger, kita cenderung untuk menjelajah Internet banyak pada smartphone, dan akan menemukan artikel wawasan dan posting blog bahwa kami akan senang untuk membaca tapi tidak bisa karena keterbatasan waktu. Pocket memecahkan masalah ini dengan membiarkan kita menyimpan link yang kita inginkan untuk dibaca nanti. Aplikasi ini akan men-download versi minimalis dari sebuah artikel, posting blog, video atau hanya tentang segala sesuatu sehingga kita dapat kembali kepada mereka nanti.

13. Evernote

Evernote is a very useful app to capture ideas that come to mind when you are out and about. You can capture an image, write text, do sketches (with Skitch), record an audio clip or create a to-do list with Evernote. All these materials will then synchronized across all your devices so you can be sure that all your notes are easily accessed via your phone, desktop and browser.

Evernote adalah aplikasi yang sangat berguna untuk menangkap ide-ide yang muncul dalam pikiran ketika Anda berada di luar dan sekitar. Anda dapat mengambil foto, menulis teks, melakukan sketsa (dengan Skitch), merekam klip audio atau membuat daftar to-do dengan Evernote. Semua bahan-bahan ini kemudian akan disinkronisasi di semua perangkat Anda sehingga Anda dapat yakin bahwa semua catatan Anda dengan mudah diakses melalui ponsel Anda, desktop dan browser yang.





14. Tape-A-Talk Voice Recorder

An app that records audio is very important for bloggers. You can use this app to record an interview with an authority figure in your industry, or make note-to-self reminders. Apart from recording,Tape-a-Talk has the functionality of uploading your recording to several services once the recording is completed. The paid version, which costs $4.99, comes with basic editing features such as cut, repair and rename.

Sebuah aplikasi yang mencatat audio yang sangat penting bagi blogger. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk merekam wawancara dengan figur otoritas dalam industri Anda, atau membuat catatan-to-diri pengingat. Selain rekaman, Tape-a-Talk memiliki fungsi meng-upload rekaman Anda ke beberapa layanan sekaligus perekaman selesai. Versi dibayar, yang biaya $ 4,99, dilengkapi dengan fitur pengeditan dasar seperti potong, perbaikan dan mengubah nama.


15. GAnalytics
The amount of traffic that you receive together with other site metrics like bounce rates are crucial if you are making any form of income from your blog. gAnalytics is like the mobile version of Google Analytics which basically allows you to bring site usage statistics wherever you go. With this app, you can stop worrying about the traffic performance of your blog the next time you travel.

Jumlah lalu lintas yang Anda terima bersama-sama dengan metrik situs lain seperti tingkat bouncing sangat penting jika Anda membuat bentuk pendapatan dari blog Anda. gAnalytics adalah seperti versi mobile dari Google Analytics yang pada dasarnya memungkinkan Anda untuk membawa statistik penggunaan situs manapun Anda pergi. Dengan aplikasi ini, Anda dapat berhenti khawatir tentang kinerja lalu lintas dari blog Anda pada saat Anda bepergian.


Did I Miss Out Any Useful Apps?
Fellow bloggers, were there any apps other than the ones mentioned above that you use on a daily basis? Do you have experience using the above apps or with any other apps outside of this list that you’d like to share with us? Leave your two cents in the comments below.

Editor’s note: This article is contributed by Wayne Liew, a blogger, entrepreneur and tech geek who blogs about small business and entrepreneurship over at Sprout Geek. Currently, Wayne is also helping Lazada Malaysia, the largest online shopping mall in Malaysia, with their online marketing initiatives.

Apakah aku Miss Out Setiap Berguna Apps?
Sesama blogger, apakah ada aplikasi lain selain yang disebutkan di atas yang Anda gunakan setiap hari? Apakah Anda memiliki pengalaman menggunakan aplikasi di atas atau dengan aplikasi lain di luar daftar ini yang Anda ingin berbagi dengan kami? Tinggalkan dua sen Anda di komentar di bawah.
Catatan Editor: Artikel ini disumbangkan oleh Wayne Liew, seorang blogger, pengusaha dan teknologi pecandu yang blog tentang bisnis kecil dan kewirausahaan ke arah Sprout Geek. Saat ini, Wayne juga membantu Lazada Malaysia, terbesar mal belanja online di Malaysia, dengan inisiatif pemasaran online mereka.

2 comments

terimakasih sudah berkunjung di blog saya mas, hanya sebagai support sesama blogger mas, blog anda berdiri tahun 2013,tetapi alexa rank masih berkisar 22juta, sebagai tips coba pasang alexa toolbar pada blog anda agar dapat membantu traffik blog anda, karena mustahil dengan tangan anda sendiri alexa rank dapat ramping sampai 5ratusan ribu, blog kita juga butuh pengunjung, terimakasih
moga komentar saya bermanfaat dan maaf jika berkomentar diluar topik artikel

salam kenal

Reply

makasih sarannya mbak, sebenarnya blog ini belum saya publikasikan krn
masih baru, makanya alexanya masih 22 juta. tapi gak tau kenapa udah ada
artikel yang nongkrong di page one google

Reply

Post a Comment